JORAN

 JORAN

           Joran dalam kegiatan memancing memiliki kegunaan khusus , yang utama adalah memudahkan pemacing untuk melempar mata pancing jauh ke perairan. Dengan penggunaan joran daerah sasaran pemancingan akan lebih luas. Joran juga akan mempermudah pemancing pada saat ia “Fight “ atau mengendalikan ikan yang sudah terkena mata pancingnya. Penggunaan joran meskipun tidak mutlak tetapi akan mempermudah proses pemancingan itu sendiri.
Joran jaman dahulu pertama kalinya dibuat di eropa sekitar 200 tahun yang lalu, dan kebanyakan di ekspor ke Amerika. Jenis joran tersebut masih cukup kaku dan bahan yang digunakan untuk membuat jorannya adalah kayu Hickory yang terkenal karena kekerasannya, dan sekarang banyak dikenal sebagai joran untuk Trolling.

Periode Joran Kayu
Pada perkembangannya joran yang cukup kaku ini kurang diminati oleh berbagai kalangan menginngat jenis tersebut kurang pas kalau di pakai untuk memancing di perairan tawar, maka dicarilah bahan pengganti yang lebih lentur yaitu Bambu, diambil dari kebudayaan orang Cina, dimana orang Cina juga suka memancing, dan mereka menggunakan bambu sebagai bahan jorannya. Dari ratusan jenis bambu yang mereka teliti jenis yang terbaik untuk dijadikan sebagai joran adalah Tonkin Cane atau buluh tonkin, memang bentuknya seperti buluh, bambu ini bentuknya kecil seperti joran dan semakin mengecil pada bagian ujung buluhnya secara alami. Dan mereka sudah memakainya dari jaman nenek moyangnya dahulu.

Periode Joran Bambu
Dan orang Eropa serta Amerika meneliti kekuatan dari bambu itu, mereka menemukan kekuatan bambu yang lentur tentu saja jauh lebih baik dibandingkan dengan bahan kayu yang selama ini mereka pakai, tetapi mereka juga menemukan kelemahan dari bahan bambu ini dimana karena ada lubang di dalamnya akan mengurangi kekerasan dari jorannya. Maka dibuatlah joran dengan bahan bambu yang sudah mereka ganti strukturnya. Bahan bambu mereka belah menjadi beberapa bagian, ada yang 4 belahan ( quadrate ) ada yang 5 belahan ( Pentagonal ), 6 belahan ( hexagonal ),dan 8 belahan ( octagonal ). Belahan – belahan ini disatukan dengan lem dan dibuat runcing pada ujungnya seperti halnya joran – joran yang lain. Dan penggunaan joran bambu semakin berkembang masa itu.

Periode Joran Masa kini
joran pancingSetelah berpuluh tahun lamanya joran bambu berkembang, diketemukanlah bahan – bahan yang memiliki kekuatan lebih baik serta kelenturan yang memenuhi syarat untuk sebuah joran. Fiberglass merupakan penemuan yang sangat membantu para pemancing. Merupakan serat yang dihasilkan dari oksidasi alkali sehingga menghasilkan strand, bahan serat yang keras, namun lentur dan tidak mudah patah. Dan sekarang banyak joran modern juga menggunakan bahan lain yang sangat kuat dan juga lentur yakni titanium, yang terkenal sebagai logam paling keras dan juga serat karbon yang dijadikan bahan pesawat luar angkasa. Penggunaan logam yang keras ini tentu saja menggunakan metode khusus seperti pembuatannya yang dibentuk seperti antena untuk menghasilkan efek lentur. Tentu saja kemajuan teknologi akan membuat hoby memancing menjadi lebih maju. Dan pola penangkapan ikan juga semakin modern. Semoga kemajuan ini juga dibarengi dengan perlindungan alam yang gencar juga sehingga ikan yang akan dipancing tidak sampai punah karena polusi dan penangkapan ikan yang tidak bertanggung jawab.

Dikutip dari Buku “ Pancing “
Karangan Fatichus Surur
Peneliti Teknik Penangkapan Ikan
 (sumber: Pemancing.com)

2 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More